Selamat Datang di Generasi matsa

Selamat bergabung di GEN matsa , mendidik Sepenuh Hati

Jumat, 05 Februari 2010

SOAL TRY OUT BAHASA INDONESIA 2009/2010

SOAL TRY OUT 2009/2010





Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Jenis Sekolah : MTs Waktu : 120 menit

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!

1) Jumlah pemudik motor pada lebaran tahun ini diperkirakan naik sekitar 30 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Pemerintah memberikan perhatian khusus guna menjamin kelancaran arus mudik dan kenyamanan para pemakai kendaraan roda dua tersebut. Menteri Perhubungan Jusman Safeii Djamal saat meresmikan pemakai rel ganda Yogyakarta-Kutoarjo di Stasiun Tugu, Yogyakarta, Sabtu (29/9), mengatakan, prediksi peningkatan jumlah pemudik motor ini diperolehnya dari berbagai sumber, salah satunya dari Pelabuhan Merak, Banten.
Gagasan pokok paragraf tersebut adalah...
A. kenaikan jumlah pemudik motor
B. perhatian khusus pemerintah pada arus mudik
C. kenyamanan para pemakai kendaraan roda dua
D. prediksi peningkatan jumlah pemudik motor

2) Pemerintah Kota Solo memberikan penghargaan kepada pencipta lagu Bengawan Solo, Gesang Martohartono. (2) Seebagai tanda terima kasih pada maestro keroncong ini atas dedikasi/pengabdian pada dunia keroncong, Pemerintah Kota Solo menyerahkan santunan kesehatan kepada Gesang. (3) Penyerahan santunan ini bertepatan dengan hari ulang tahun ke-90 Gesang yang jatuh pada 1 Oktober 2007. (4) Pemberian santunan kesehatan Gesang tersebut atas usulan masyarakat pecinta keroncong di Kota Solo yang tergabung dalam Yayasan Caping Gunung Solo kepada Pemerintah Kota Solo beberapa waktu lalu.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai nomor...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

3) Cermati paragraf berikut!
Baru sekitar sebulan digunakan, aspal jembatan Kali Ciliwung sudah mengelupas, hingga menimbulkan lubang. Pangkal embatan terlihat ambles. Selain mengganggu, kondisi itu membahayakan pengguna jalan lain.
www.jawapos.com
Kalimat kritik untuk paragraf tersebut adalah...
A. Kontraktor harus bertanggung jawab untuk memperbaiki kerusakan jembatan Kali Ciliwung.
B. Perbaikan jembatan Kali Ciliwung menjadi tanggung jawab pemerintah.
C. Tunggu sampai aspal mengelupas semua baru diperbaiki.
D. Jembatan Kali Ciliwung segera diperbaiki kembali.

4) Kondisi tayangan TV kita cenderung memberi model buruk pada remaja sebenarnya bukan karena sines kita tidak dapat membuat sinetron yang bagus. Bukan juga karena produser kita tidak dapat membuat acara yang bagus. Menurut mereka, membuat sinetron yang realistis cenderung tidak laku. Sinetron yang disukai remaja adalah sinetron yang mengumbar kemewahan dan menebar horor. Acara yang disukai juga acara yang cenderung hura-hura dan mengumbar hawa nafsu. Dengan demikian, pemilik TV juga cenderung mengutamakan keuntungan daripada mendidik remaja kita melalui layar kaca.
Kritik terhadap bacaan yang menggunakan alasan yang tepat adalah...

A. Pemilik TV tentu saja berhak mencari keuntungan sebanyak-banyaknya dari acara-acara yang ditayangkan.
B. Sinetron yang mengumbar kemewahan dan menebar horor akan membawa remaja kita pada sikap boros.
C. Remaja hendaknya diberi tayangan sinetron yang dapat memotivasi pengembangan pribadi dan potensi secara positif.
D. Sinetron yang menayangkan kejadian-kejadian horor akan membuat remaja kita berwatak pemberani dan sportif.

5) Pemerintah Indonesia menemukan kiat lagi untuk memberantas korupsi. Tak hanya memberikan hukuman berat, pemerintah juga menggelorakan kampanye bahwa korupsi itu jahat. Untuk nemanamkan sikap antikorupsi sejak bari bangku sekolah, Departemen Pendidikan Nasional juga akan membuat matapelajaran khusus antikorupsi.
Pokok-pokok berita yang terkandung dalam teks tersebut adalah...
A. Siapa, apa, bagaimana
B. Apa, siapa, mengapa
C. Siapa, kapan, mengapa
D. Siapa, mengapa, bagaimana

6) Teks 1
Macan tutul Amur, dikenal pula dengan nama macan tutul Timur Jauh, dulu sempat menghuni timur laut China dan Semenanjung Korea. Jumlah macan tutul Amur kini diperkirakan tinggal sekitar 30 ekor. Menurut para peneliti, menyusutnya jumlah macan tutul Amur karena adanya pembalakan liar dan musnahnya habitat mereka. Akibatnya, macan tutul terancam punah.
Teks 2
Waktu mungkin semakin menipis bagi macan tutul Amur. Sensus terakhir terhadap kucing besar paling langka di dunia itu menunjukkan hanya terdapat tiga puluh macan tutul yang masih hidup di alam bebas. Dikhawatirkan macan tutul Amur akan punah. Kawasan hidup macan tutul ini menyusust akibat pembalakan liar dan hilangnya habitat mereka.
Kesamaan informasi kedua teks tersebut adalah...
A. Pembalakan liar terhadap macan tutul Amur.
B. Tempat tinggal macan tutul Amur.
C. Macan tutul Amur terancam punah.
D. Maraknya perdagangan ilegal harimau Amur.

7) (1) Dengan semangat baru, motivasi baru, dan langkah baru yang salah satunya adalah mengoptimalkan media website, baik di tingkat pusat maupun fakultas/lembaga yang ada, diharapkan pada tahun ini Universitas Negeri Yogayakarta (UNY) akan lebih baik lagi dari tahun 2008. (2) Harapan tersebut dikemukakan oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Sugeng Mardiyono, Ph.D ketika membuka pelatihan pembuatan website sebagai media komunikasi untuk membangun citra organisasi yang berlangsung empat hari hingga Kamis ini. (3) Diharapkan website atau media online/elektronik itu, tidak hanya berfungsi sebagai sarana penyebaran informasi, tetapi juga menjadi media promosi dan pembangunan citra organisasi. (4) Supaya lembaga UNY tidak ditafsirkan salah, website perlu disiapkan dan dikelola sebaik-baiknya, baik tampilan maupun isinya.
Kalimat-kalimat dalam wacana di atas yang berisikan fakta terdapat pada kalimat...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

8) Perhatikan penggalan tajuk berikut ini!
Cerita dari Blora ini adalah satu di antara banyak romantika yang dapat jadi lebih seru. Melalui musyawarah, jatah setiap penerima dipotong Rp 75.000,00. setelah berkumpul akan dibagikan kepada warga yang tidak menerima. Dari sisi aturan, pemotongan seprti ini jelas merupakan pelanggaran. Tetapi kerelaan warga untuk berbagi merupakan fakta sosiologis lain, walaupun tidak semua penerima bersedia jatahnya dipotong. Bagi mereka, angka potongan tentu merupakan jumlah yang tidak sedikit. Di sini juga terpapar realitas kepedulian, yakni betapapun beratnya, warga berusaha menerima ketika jatahnya harus dikurangi untuk warga lain.



Opini yang paling tepat untuk penggalan tajuk di atas adalah...
A. Peristiwa di Blora merupakan salah satu contoh yang seru.
B. Sikap warga penerima di Blora perlu mendapat perhatian.
C. Sikap yang bertentangan dengan peraturan perlu dihilangkan.
D. Pemotongan Rp 75.000,00 sangat memberatkan penerima.

9) Perhatikan paragraf berikut ini!
Gencarnya pemberitaan di media tentang kasus flu burung di berbagai daerah menimbulkan keresahan para pedagang daging ayam. Pendapatan mereka berkurang karena omzet penjualan menurun tajam. Tak Cuma itu, para pemilik warung makan yang menjual menu berbahan ayam juga mengeluh. Padahal, daging ayam atau bebek telah dimasak secara benar sebelum disajikan ke pembeli, yaitu sebelum digoreng, direbus bersama bumbunya sampai matang. Dengan demikian, aman dikonsumsi. Sebagian warga mengaku resah atas kemerebakan kasus flu burung akhir-akhir ini. Bahkan di antara mereka banyak yang takut mengonsumsi daging ayam atau unggas lainnya.
Kesimpulan paragraf di atas adalah...
A. Berita flu burung membuat pedagang ayam dan pemilik warung bermenu ayam resah karena pembeli takut mengonsumsi ayam.
B. Pemilik warung makan bermenu ayam mengeluh kerana pedagang daging ayam resah akibat merebaknya kaus flu burung.
C. Warga mengaku risau atas merebaknya kasus flu burung dan takut mengonsumsi daging ayam.
D. Daging ayam atau bebek yang telah dimasak dengan benar, yaitu direbus bersama bumbunya sampai matang.

10) Polisi telah memeriksa 26 tersangka kasus bentrokan antara polisi dengan kelompok bersenjata di Kelurahan Gebangrejo, Poso, Senin lalu. Dari pemeriksaan itu, polisi berhasil mengungkap 20 kasus terorisme di Kabupaten Poso dan Kota Palu, Sulawesi Tengah, yang terjadi dalam kurun waktu 2004-2007.
www.kompascybermedia.com
Simpulan yang tepat dari berita tersebut adalah...
A. Polisi memeriksa 26 tersangka dalam kasus bentrokan antara polisi dan kelompok sipil.
B. Polisi mengungkap 20 kasus terorisme di Kabupaten Poso dan Kota Palu.
C. Keberhasilan polisi dalam mengungkap kasus terorisme di Kabupaten Poso.
D. Polisi memeriksa 26 tersangka dan berhasil mengungkap 20 kasus terorisme.

11) Masalah yang dihadapi bangsa Indonesia adalah bagaimana menghayati dan memelihara kebersamaan dalam perbedaan. Hal ini dapat dicapai dengan meningkatkan rasa saling percaya. Di samping itu, diperlukan juga rasa saling menghargai. Perjuangan mengupayakan dialog-dialog untuk memahami satu sama lain juga perlu ditingkatkan.
Inti kutipan tajuk di atas adalah...
A. Meningkatkan rasa saling percaya antarbangsa Indonesia.
B. Menumbuhkan saling menghargai satu sama lain sesama bangsa.
C. Untuk persatuan bangsa perlu diupayakan dialog-dialog.
D. Memelihara kebersamaan dalam perbedaan suatu bangsa.

12) Bencana tsunami di Aceh menjadi rahmat terselubung bagi bangsa Indonesia. Seluruh bangsa ini bersatu hati menjadi komunitas yang peduli akan nasib sesama. Tanpa digerakkan, mereka secara spontan memberikan bantuan dengan sukarela berupa materi, tenaga, maupun pikiran.Aksi kepedulian tersebut telah memperlihatkan kembali martabat dan budaya asli bangsa Indonesia. Sayang, dalam keseharian sifat yang terpuji ini dikotori oleh sikap lainnya, misalnya mau menang sendiri. Kondisi keseharian kembali pada mengutamakan kepentingan kelompok, golongan, atau diri sendiri.
Simpulan kutipan tajuk tersebut yang tepat adalah...
A. Bencana tsunami di Aceh telah banyak memakan korban dan menghancurkan fasilitas umum.
B. Hikmah bencana tsunami di Aceh menggugah kepedulian dan kebersamaan bangsa kita.
C. Hendaknya kita saling mencurigai dan memusuhi terhadap sesama bangsa.
D. Dalam keseharian sifat yang terpuji dikotori sifat mementingkan golongan dan diri sendiri.






13) Tabel Penjualan Motor Yamaha di Deler Rahmadiani Motor Tahun 2008
No Jenis Bulan
Januari Februari Maret April Mei
1 Mio 75 63 65 78 80
2 Vega 92 72 98 101 102
3 New Vega R DB 82 79 90 80 92
4 Jupiter Z 102 109 130 132 140
5 Scorpio 3 2 1 6 7
Pernyataan atau informasi yang sesuai dengan isi tabel tersebut adalah...
A. Kenaikan penjualan semua jenis kendaraan terjadi pada bulan April.
B. Penjualan Mio selalu mengalami peningkatan setiap bulannya.
C. Jenis kendaraan yang paling tidak laku di pasaran adalah Scorpio.
D. Bulan Februari penjualan semua jenis kendaraan mengalami penurunan.

14) Simpulan yang tepat berdasarkan isi tabel di tersebut adalah...
A. New Vega R DB tetap masih menjuarai penjualan dari produk Yamaha.
B. Mio merupakan matic baru dengan pemasaran tertinggi.
C. Yamaha Vega adalah kendaraan yang paling disenangi masyarakat.
D. Sepeda motor tipe Jupiter Z adalah produk Yamaha yang paling diminati oleh pembeli.

15) Kupeluk Engkau

Apa yang paling sunyi
Selain puisi
Apa yang paling gemuruh selain ruh

Kupeluk Engkau
Karena sunyi dan gemuruh
Puisi dan ruh
Berada dalam diri-Mu
Lapis melapis dan abadi
Serang, 1998
Tema puisi di atas adalah
A. Cinta kasih
B. Ketuhanan
C. Kesunyian
D. Keabadian

16) Sajak Putih

Beribu saat dalam kenangan
Surut perlahan
Kita
Mendengarkan bumi menerima
Tanpa mengaduh
Sewaktu detik pun jatuh ....
(Sapardi Djoko Damono)
Jenis citraan yang digunakan dalam penggalan puisi di atas adalah...
A. Perasaan
B. Gerak
C. Penglihatan
D. Pendengaran

17) Bacalah kutipan cerpen berikut!
Terbayang kembali masa-masa kecilku ketika ayah masih hidup, ketika Kak Tomo suka membuat rangkaian melati yang dipetiknya dari halaman rumah. Rasanya tidak percaya apabila kakakku yang dulu demikian manis sekarag menjadi seperti ini. Mungkinkah...mungkinkah ketika nanti dia bisa kembali? Hal ini selalu terbayang saat kumerebahkan diri di pembaringan.


Latar tempat disertai bukti yang tepat pada kutipan cerpen tersebut adalah...
A. Di halaman depan rumah, buktinya banyak melati yang bisa dipetik.
B. Di taman, buktinya rangkaian melati yang dipetik di halaman.
C. Di rumah, buktinya terbayang kembali masa-masa kecilku.
D. Di kamar tidur, buktinya tokoh merebahkan diri di pembaringan.
18) Cermati kutipan cerpen berikut!
“Heran, ya! Kakiku lumpuh, jadi aku tak bisa ke mana-mana kalau dengan kursi roda ini” kata Erika sambil tersenyum. Tidak ada rasa rendah diri sedikit pun di wajahnya. Ini membuat Lastri heran. Sebab dia Cuma pincang saja merasa malu untuk berteman dengan siapa saja. Kok Erika tidak merasa malu ya?
Tema kutipan cerpen tersebut adalah...
A. Kekurangan fisik tidak perlu ditutupi.
B. Ketabahan dan ketegaran Lastri.
C. Lastri yang rendah hati dan pemalu.
D. Cacat tubuh tak perlu rendah diri.

19) Bacalah kutipan novel berikut dengan seksama!
Warna muka Zubaidah jadi muram, seakan-akan langit disaputi awan. Perkataan Khadijah yang akhir itu menyinggung hatinya yang luka. Bahkan, melukiskan rupa Haji Hasbullah di ruangan matanya. Sebab barang-barang itu bukan caranya, bukan hasil pendapatan suaminya, melainkan pemberian ayahnya belaka. Ia tunduk, akan menyembunyikan rasa hati yang terbayang di mukanya. Ketika ia mengangkat kepada pula, ia pun berkata dengan tenang, “Apa gunanya barang, kalau hati tiada tenang?”
Pesan yang tepat dalam kutipan novel tersebut adalah...
A. Jangan bertutur kata yang menyinggung perasaan orang lain.
B. Terimalah barang-barang peninggalan suami dengan senang hati.
C. Jangan selalu bermuram durja.
D. Gunakan barang agar hati senang.

20) Perhatikan penggalan novel (roman) Siti Nurbaya berikut ini!
Alangkah elok parasnya anak perawan ini, tatkala berdiri sedemikian! Seakan-akan dagang yang rawan, yang bercintakan sesuatu, yang tak mudah diperolehnya. Pipinya sebagai pauh dilayang, yang kemerah- merahan warnanya kena bayang baju dan payungnya, bertambah merah rupanya, kena panas matahari. Apabila ia tertawa, cekunglah kedua pipinya, menambahkan manis pipinya.
Penggalan novel (roman) Siti Nurbaya di atas penokohan/sifat tokoh disampaikan dengan...
A. Penjelasan pengarang.
B. Penuturan tokoh.
C. Tanggapan tokoh lain.
D. Penggambaran fisik.

21) Cermati penggalan drama berikut ini!
Pak Yoso : “Hasan, kau telah berbuat busuk, mengerti? Karena itu kau harus di hukum. Tulislah kalimat, “Saya akan mengubah kelakuan saya sebanyak 300 kali.” dan harus selesai besok. Mengerti?”
Hasan : “Saya masih ada yang harus saya tulis untuk Pak Bas. Pelajaran Ilmu Bumi sepuluh kali
Pak.”
Pak Yoso : “Besok selesai, mengerti! Dan selain itu tiga kali hari Minggu kau tidak boleh keluar
asrama. Ini hukuman pertama kali. Untuk kedua kalinya, kuusir kamu dari sini dengan
tidak banyak rewel lagi, megerti?”
Bentrokan dalam Asrama, Achdiat K. Miharja
Suasana kutipan drama tersebut adalah...
A. sedih
B. cemas
C. kecewa
D. takut






22) Anggo : “Bagaimana Riz, apa kita Bohong saja pada Pak Broto?”
Rizal : “Jangan, kita terus terang saja, toh kita sudah tahu sanksinya dan itu peraturannya.”
Anggo : “Tapi...aku malu pada Emi, nanti dia benci padaku.”
Rizal : “Kalau kamu takut, dan malu ya...sudah. tapi jangan menyesal kalau sanksinya lebih berat!”
Anggo : “Bagaimana...ya?”
Watak tokoh Rizal dalam penggalan drama di atas adalah...
A. Penakut dan pengecut.
B. Mudah putus asa tetapi bertanggung jawab.
C. Jujur dan bertanggung jawab.
D. Pemberani dan tidak mudah menyerah.

23) Perhatikan ilustrasi berikut!
Ulang tahunku yang ke-15 dirayakan oleh teman-temanku di kantin sekolah. Kedua mataku ditutup, kepalaku bermandikan telur dan tepung terigu.
Peristiwa yang tepat untuk ditulis dalam buku harian berdasarkan ilustrasi tersebut adalah...
A. HUTku yang ke-15 berkesan sekali meski harus “ancur-ancuran” aku tetap seneng kok dengan perhatian teman-temanku.
B. Menyebalkan deh, HUTku kali ini bersama anak-anak sekelas.
C. Hutku sebenarnya akan meriah andaikata mataku tak ditutup teman-teman.
D. Aku sengaja merayakan HUTku ke-15 di kantin sekolah agar meriah.

24) Pernyataan yang paling tepat untuk dituliskan dalam buku harian adalah...
A. Hari ini ulang tahunku, tak ada yang istimewa. Tetapi aku merasa bahagia ketika tadi pagi kuterima ucapan selamat dari sahabatku, Andra, temanku sejak di sekolah dasar.
B. Pada suatu sore saya disuruh ayah mengantar surat ke rumah paman. Sayang ketika sampai, paman tidak di rumah. Sampai malam saya menunggu.
C. Buku harian adalah buku bagian dan kehidupanku. Yang setiap saat kubaca, kurenungkan, dan kubawa kemana pun ia pergi.
D. Masih terbayang dalam pikirannya, kejadian tadi pagi, ketika memasuki kelas tiba-tiba guru marah, ternyata sebagian besar siswa tidak mengerjakan pekerjaan rumah, yang seharusnya dikumpulkan..

25) Kepala Desa Karang Besuki akan membuat memo yang ditujukan kepada sekretaris desa untuk menyiapkan laporan pajak bulan Desember 2008.
Isi memo yang paling tepat sesuai dengan situasi di atas adalah...
A. Tolong laporkan keadaan pajak selama satu bulan.
B. Dik, tolong buatkan laporan pajak.
C. Pak Sekdes, tolong siapkan laporan pajak bulan Desember 2008.
D. Pak Sekdes, tolong pajak bulan Desember dilaporkan.

26) Kepala MTs Al Ikhsan memerlukan laporan keadaan siswa per 1 Januari 2009 dari Kepala Bagian Tata Usaha.
Memo yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah...
A. Harap segera dilaporkan keadaan siswa per 1 Januari 2009 sebagai bahan laporan ke Diknas.
B. Sebagai bahan laporan ke Diknas maka Kabag Tata Usaha segera membuat laporan.
C. Segera dilaporkan keadaan siswa, untuk bahan laporan ke Diknas.
D. Harap cepat laporkan keadaan siswa per 1 Januari 2009 sebagai bahan rapat.

27) Laporan Perjalanan Ke Pangandaran!
Sebenarnya Pangandaran mempunyai kelebihan jika dibandingkan dengan Bali. Di Pangandaran, misalnya, wisatawan bisa menyaksikan matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset), sedangkan di Bali wisatawan hanya bisa menikmati matahari terbenam. Akan tetapi, objek wisata Pangandaran masih menyimpan beragam permasalahan yang tampaknya sulit dipecahkan. Untuk meminimalisasikan permasalahan-permasalahan yang terjadi, diperlukan waktu lama dan biaya yang tidak sedikit.







Penggalan laporan tersebut berisikan...
A. Pengandaran mempunyai kelebihan jika dibandingkan dengan Bali.
B. Di Pangandaran wisatawan dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenam, sedang di Bali hanya bisa menyaksikan matahari terbenam.
C. Pangandaran mempunyai kelebihan jika dibandingkan dengan Bali, tetapi sayangnya masih mempunyai beragam permasalahan yang sulit dipecahkan.
D. Untuk meminimalisasikan permasalahan-permasalahan di Pangandaran membutuhkan waktu lama dan biaya yang tidak sedikit.

28) Laporan Pencemaran Udara di Jakarta!
Kendaraan bermotor berlalu meninggalkan asap hitam. Udara pun langsung tercemar. Begitu udara itu terhirup, orang lalu menutup hidung sambil terbatuk-batuk. Tujuh puluh persen pencemaran udara di kota besar, seperti Jakarta, berasal dari asap kendaraan bermotor.
Menurut data dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, tahun 2008 di Jakarta ini ada 4,48 juta kendaraan bermotor. Jumlah motor ada 2,3 juta, mobil 1,2 juta, truk 370.000 dan bus 254.900. pantas saja udara menjadi tercemar.
Isi laporan di atas, yaitu...
A. Tujuh puluh persen pencemaran udara di kota besar berasal dari asap industri.
B. Menurut data Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya tahun 2008 jumlah kendaraan yang paling banyak adalah mobil.
C. Kendaraan bermotor berlalu meninggalkan asap hitam dan membuat udara tercemar.
D. Asap kendaraan bermotor berwarna hitam tetapi tidak membahayakan.

29) Berikut ini manakah yang termasuk kutipan surat pribadi...
A. Aku tahu keinginanmu maka datanglah kau ke kantorku. Nanti kita bicara.
B. Surat Saudara telah kami terima. Bersama ini kami kirimkan brosur yang Saudara minta.
C. Kami mengharapkan kedatangan Anda untuk berwawancara di perusahaan kami.
D. Perusahaan kami memang memerlukan banyak tenaga baru. Untuk itu, silakan Anda mengikuti tes.

30) Penutup surat pribadi yang tepat dan komunikatif berikut ini adalah...
A. Demikian perkenalan dari saya. Saya amat sangat mengharapkan balasan dari Anda. Terima kasih dan sampai jumpa.
B. Oleh karena itu, sekali lagi saya minta maaf. Aku berharap kita akan selalu menjadi sahabat-sahabat yang benar-benar sahabat.
C. Demikian undangan ini kami sampaikan. Atas kesediaan Bapak membuka latihan kepemimpinan siswa ini kami sampaikan banyak terima kasih. Wassalamualaikum Wr. Wb.
D. Aku hanya dapat mengucapkan terima kasih atas perhatian yang telah kamu berikan kepadaku. Semoga kebaikanmu mendapat balasan dari Tuhan Yang Maha Esa. Wassalamualaikum Wr.Wb.

31) Seandainya kamu adalah Direktur PT Pratama Mutiara Laut yang beralamat di Jalan Merdeka 105 Semarang dengan nomor telepon (024) 547770. sebagai direktur kamu akan membuat surat undangan rapat. Bila kamu akan membuat kepala surat berdasarkan ilustrasi tersebut, penulisan yang tepat adalah...
A. PT Pratama Mutiara Laut
Jl. Merdeka 105 Semarang telepon (024) 547770
B. PT. Pratama Mutiara Laut
Jl. Merdeka 105 Semarang telepon (024) 547770
C. PT PRATAMA MUTIARA LAUT
Jl. Merdeka 105 Semarang telepon (024) 547770
D. PT PRATAMA MUTIARA LAUT
Jalan Merdeka 105 Semarang telepon (024) 547770
32) ...
kegiatan ini akan kami laksanakan pada
hari, tanggal : Senin, 24 Januari 2009
pukul : 08.00 s.d. 11.30 WIB
Penggalan surat tersebut merupakan bagian...surat resmi
A. pembukaan
B. isi
C. penutup
D. salam penutup
33) Belajar sains bisa dilakukan dengan metode yang bervariasi dan komunikatif, misalnya menggunakan film dokumenter dan artikel. Bahkan percobaan sains bisa dilakukan secara sederhana dan mudah dengan memanfaatkan barang-barang bekas. Cara seperti ini akan lebih menyenangkan daripada ceramah di dalam kelas.
Rangkuman yang tepat dari kutipan teks tersebut di atas adalah...
A. Percobaan sains bisa dilakukan secara sederhana.
B. Belajar sains dengan metode yang bervariasi dan komunikatif.
C. Belajar sains dengan memanfaatkan barang-barang bekas.
D. Belajar sains dengan menyenangkan.

34) Desa Blimbing Juara Lomba Desa Se-Jawa Tengah
Desa Blimbing, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo dinyatakan sebagai juara lomba desa tingkat Jawa Tengah tahun 2008. keberhasilan desa tersebut menjadi juara bukan datang dari langit. Hal itu dapat diraih berkat kerja keras dan tingkat kesadaran warganya yang cukup tinggi dalam membangun daerahnya.
Desa Blimbing dalam setahun bisa berhasil membangun 28 proyek dengan dana 880 juta lebih. Dana tersebut berasal dari Bangdes, kas desa, dan swadaya murni masyarakat.
Bupati Sukoharjo, Drs. Setyo, dalam suatu kesempatan mengatakan bahwa keberhasilan Desa Blimbing menjuarai lomba desa se-Jawa Tengah cukup membanggakan. Keberhasilan itu cukup diteladani oleh daerah lain. sementara itu, oleh Bupati, warga desa Blimbing diminta terus meningkatkan peran sertanya membangun daerahnya.
Ringkasan isi bacaan tersebut adalah...
A. Desa Blimbing menjadi juara lomba desa se-Jawa Tengah tahun 2008. keberhasilan tersebut berkat kerja keras dan kesadaran para warganya yang tinggi dalam membangun. Kerena merupakan hal yang membanggakan, maka hal itu patut diteladani daerah lain.
B. Desa Blimbing berhasil membangun 28 proyek dengan dana 880 juta lebih dan berasal dari Bangdes, Kas Desa, dan swadaya murni. Sehubungan dengan hal itu, bupati Sukoharjo dalam suatu kesempatan mengatakan bahwa dalam hal itu cukup membanggakan.
C. Desa Blimbing menjadi juara lomba desa bukanlah hal yang datang dari langit, tetapi berkah kerja keras dan kesadaran warganya yang tinggi. karena itu, bupati Sukoharjo meminta agar harga desa meneladani dan meningkatkan peran serta mereka.
D. Bupati Sukoharjo meminta warga desa Blimbing meningkatkan peran serta dalam membangun daerahnya. Keberhasilan desa ini menjadi juara bagaikan sesuatu yang turun dari langit, yang perlu diteladani oleh orang lain.

35) Cermati penggalan sambutan berikut.
“...jauhkan pemuda dari narkoba dan obat-obat terlarang. Persiapkan generasi muda yang berprestasi, cerdas, terampil dan berbudi luhur. Pemuda adalah generasi penerus bangsa, penerus pembangunan. Pemuda harapan bangsa...”
Demikian sambutan Bupati Malang dalam upacara Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2008.
Kalimat slogan yang tepat berdasarkan ilustrsi tersebut adalah...
A. Pemuda harapan bangsa.
B. Pemuda penerus generasi bangsa.
C. Pemuda penerus pembangunan bangsa.
D. Pemuda sehat negara kuat.

36) Cermatilah teks berikut!
Penyakit jantung adalah penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan. Salah satu penyebabnya adalah rokok. Sehubungan dengan itu, Dinas Kesehatan Kota Malang mengeluarkan peringatan keras agar pengguna rokok segera berhenti merokok.
Slogan yang menarik agar siswa tidak merokok atau berhenti merokok adalah...
A. Dilarang merokok. Rokok berbahaya!
B. Rokok penyebabkan jantung rusak. Jangan coba-coba untuk merokok!
C. Ingat rokok berbahaya. Stop rokok agar sehat!
D. Cinta rokok matikan jantung. Cinta jantung matikan rokok.






37) Perhatikan petunjuk mengkliping foto pers dengan tema tertentu berikut!
(1) Tentutan tema kliping.
(2) Beri hiasan kemudian jilidlah.
(3) Tempel gambar dengan memerhatikan komposisi tata letak.
(4) Kumpulkan guntingan-guntingan gambar dari surat kabar/majalah.
Susunan petunjuk mengkliping foto pers yang tepat adalah...
A. (1)-(2)-(3)-(4)
B. (4)-(3)-(2)-(1)
C. (1)-(4)-(3)-(2)
D. (2)-(4)-(1)-(3)

38) Perhatikan petunjuk-petunjuk berikut!
(1) Mengajukan pertanyaan secara sopan dengan menggunakan bahasa yang singkat dan mudah dimengerti.
(2) Menguasai situasi dengan baik sehingga orang yang diwawancarai merasa dihormati dan dihargai.
(3) Bersikap penuh perhatian.
(4) Menguasai topik atau tema dengan baik.
(5) Mengucapkan terima kasih setelah selesai melakukan wawancara.
Bila petunjuk-petunjuk tersebut diurutkan, akan menjadi hal-hal yang perlu dilakukan dalam wawancara. Urutan yang benar adalah...
A. (2)-(1)-(4)-(3)-(5)
B. (3)-(4)-(2)-(1)-(5)
C. (4)-(2)-(1)-(3)-(5)
D. (4)-(2)-(3)-(1)-(5)

39) Saudara-saudara,
Membaca adalah kegiatan yang sangat mudah untuk dilakukan tetapi sulit untuk membiasakan. Membaca adalah pondasi dasar kemampuan seorang siswa. Siswa yang kemampaun membacanya minim akan berdampak pada hasil belajarnya. Di samping itu, kemampuan membaca juga berkaitan erat dengan kemampuan menulis. Semakin banyak siswa membaca, semakin luas pengetahuan yang mereka peroleh.
Hal penting dalam pidato di atas adalah...
A. Arti penting membaca.
B. Kemampuan membaca berkaitan erat dengan kemampuan menulis.
C. Membaca adalah kegiatan yang sangat mudah dilaksanakan.
D. Membaca merupakan pondasi seorang siswa.

40) Ibu-ibu yang saya hormati, desa sehat merupakan suatu kawasan atau lingkungan yang penduduknya bisa berperilaku hidup yang sehat. Diharapkan semua pembangunan untuk kawasan kesehatan. Dalam menangani program desa sehat diperlukan data-data yang harus dikumpulkan dari lingkugan yang ditunjuk. Untuk itulah maka kami petugas dari dinas kesehatan yang diserahi untuk memantau dan melaksanakan program desa sehat ini mohon bantuan dari ibu-ibu kader untuk mengisi blangko yang telah kami siapkan. Berdasarkan isian blangko tersebut maka kami akan dapat menentukan langkah atau tindak selanjutnya.
Pidato di atas berisi tentang...
A. Penyuluhan kesehatan.
B. Persiapan kelengkapan program desa sehat.
C. Menuju desa sehat.
D. Pengisian blangko desa sehat.

41) Berikut ini adalah rumusan masalah dalam karya tulis.
(1) Usaha apakah yang perlu dilakukan agar kebersihan sekolah tetap terjaga?
(2) Apakah lomba kebersihan merupakan usaha yang efektif untuk menjaga kebersihan sekolah?
(3) Bagaimanakah mekanisme lomba kebersihan yang paling efektif?
Paragraf latar belakang dalam karya tulis yang sesuai dengan rumusan masalah tersebut adalah...
A. Usaha apakah yang perlu dilakukan agar kebersihan sekolah tetap terjaga? Itulah pertanyaan yang tidak pernah terjawab. Usaha telah dulakukan, tetapi kebersihan sekolah sulit diwujudkan. Bahkan, lomba antarkelas tidak mampu membuat perilaku siswa sadar akan kebersihan lingkungannya. Diperlukan usaha yang lebih konkret agar sekolah tetap bersih.


B. Sekarang kebersihan sekolah sedang digalakkan. Sekolah melakukan banyak hal agar lingkungannya bersih. Peralatan kebersihan seperti sapu, alat pel, keranjang sampah, disediakan cukup secara gratis untuk setiap kelas. Siswa sama sekali tidak dipungut biaya untuk alat-alat tersebut. Diharapkan dengan begitu akan tumbuh dalam diri siswa kecintaan akan kebersihan lingkungan.
C. Dalam waktu dekat, kebersihan sekolah menjadi kebutuhan semua warga sekolah. Oleh karena itu diperlukan berbagai lomba agar para siswa mau membersihkan kelas dan lingkungannya. Lingkungan yang bersih merupakan idama kita semua. Tidak hanya kini, tetapi seterusnya. Oleh karena itu perlu dirumuskan bagaimana cara membersihkan lingkungan yang sistematis.
D. Menjaga kebersihan sekolah ternyata bukan barang mudah. Kita melakukan banyak hal untuk menjaga lingkungan tetap bersih. Salah satunya adalah lomba kebersihan antarkelas. Terbukti lomba merupakan sarana efektif agar semua siswa berpartisipasi menjaga kebersihan. Mengingat hal tersebut, lomba lomba tidak hanya dilakukan dalam waktu tertentu saja, melainkan sepanjang waktu secara periodik.

42) Kerangka karya tulis yang benar adalah...
A. Kata pengantar, halaman judul, daftar isi, pendahuluan, kesimpulan, dan kata penutup.
B. Halaman judul, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, pembahasan, dan penutup.
C. Halaman judul, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, pembahasan, penutup dan kesimpulan.
D. Kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, pembahasan, saran dan penutup.

43) Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Buku ini ditulis Dr. Sutirjo, MPD
(2) Devi membeli: pensil, buku, dan penghapus.
(3) Ujian nasional sudah di ambang pintu. Akan tetapi, saya belum siap menghadapinya.
(4) Oleh karena itu, hendaknya kita harus lebih rajin belajar.
Pemakaian tanda baca yang salah dalam kalimat di atas ditandai nomor...
A. 1, 2
B. 2, 4
C. 1, 3
D. 3, 4

44) (1) Tepuk tangan riuh bergema di halaman Balai Kota Malang saat empat pemain Arema menerima kaos resmi tim 2008 dari Satriya Budi Wibawa. (2) Emalue Serge, Arif Suyono, Esiah Benson, dan Alexander Pulalo kemudian menunjukkan kostum berlabel Puma itu kepada para pendukung tim kebangaan Kota Malang. (3) Sejumlah suporter merangsek maju ke depan panggung mencoba mengabadikan momen itu dengan kamera ponselnya. (4) Tepuk tangan terdengar semakin keras ketika pelatih Arema Bambang Nurdiansyah mengangkat kaos nomor 22 milik Emile Bertrand Mbamba.
Kalimat tidak efektif pada paragraf di atas ditandai oleh nomor...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

45) Perhatikan pantun berikut!
Kalau kamu membeli batik
Belilah batik berwarna biru
...
...
kalimat yang tepat untuk melengkapi sampiran pantun di atas adalah...
A. Kalau kamu mau batik yang baik
Mari ikut aku
B. Kalau kamu ingin yang lurik
Belilah di toko serba guna
C. Kalau kamu siswa yang baik
Hormatilah Bapak dan Ibu Guru
D. Kalau kamu anak yang baik
Hormatilah kedua orang tua



46) Perhatikan sampiran pantun berikut!
Bapak ibu pergi ke pasar
Pulangnya akan membawa roti
...
...
larik isi yang tepat untuk melengkapi sampiran di atas agar menjadi pantun adalah...
A. Anak belajar menuntut ilmu
Sayangnya tidak pandai ngaji
B. Ketika kecil rajin belajar
Kelak besar menjadi pintar
C. Anak pesantren pandai mengaji
Semakin hari tambah berbudi
D. Anak saleh rajin belajar
Kelak pandai lagi berbudi

47) Cermati puisi berikut!
Air
Gemericik merdu berlagu
Percik seputih...
Penyejuk hati
Kala cinta sedang...
Air
Sirami aku
Dengan sejukmu
Agar menimbulkan rima tertentu, kata yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah...
A. embun, tumbuh
B. salju, pudar
C. embun, bersemi
D. salju, bersemi

48) Cermati kutipan pusi berikut!
Habis...
Semua cinta yang ada
Seiring benciku
Bergelayut dalam dada
Agar menimbulkan imajinasi, kata yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah...
A. kikis
B. punah
C. gelap
D. indah

49) ...
Kawanku diam terpaku seperti disihir tukang sulap. Kemudian dia bertanya:
“Apa lagi yang akan kaubeli?”
“Kalau bisa masuk akal, akan kubeli salah satu planet yang ada di angkasa itu,” jawabku. “Aku mau coba untung di sana,” sambungku.
Ia tertawa terkekeh-kekeh dan orang-orang di sekeliling warung itu menontoni ketawanya...
(Motinggo Busye, Nasihat untuk Anakku)
Naskah darama yang dapat dibuat berdasarkan kutipan cerpen tersebut adalah...
A. (Ada beberapa orang di warung yang sedang menikmati kopi dan makanan. Aku sedang bercakap-cakap dengan kawanku. Kawanku terdiam, lalu bertanya.)
Kawanku : “Apalagi yang akan kau beli?”
Aku : “Kalau bisa masuk akal, akan kubeli salah satu planet yang ada di angkasa itu.” (menyambung pembicaraan) “Aku mau coba untung di sana.”
Kawanku : (terkekeh-kekeh)
B. (Orang-orang sekeliling warung menontoni temanku yang tertawa.)
Kawanku : “Apalagi yang akan kau beli?”
Aku : “Kalau bisa masuk akal, akan kubeli salah satu planet yang ada di angkasa itu.” (menyambung pembicaraan) “Aku mau coba untung di sana.”
Kawanku : (terkekeh-kekeh)

C. (Kawanku diam terpaku seperti disihir tukang sulap. Kemudian, dia bertanya)
Dia : “Apalagi yang akan kau beli?”
Aku : “Kalau bisa masuk akal, akan kubeli salah satu planet yang ada di angkasa itu.”
(menyambung pembicaraan) “Aku mau coba untung di sana.” (Ia tertawa terkekeh-
kekeh dan orang-orang sekeliling warung itu menontoni ketawanya.)
D. (Kawanku diam. Kemudian, dia bertanya)
Dia : “Apalagi yang akan kau beli?”
Aku : “Kalau bisa masuk akal, akan kubeli salah satu planet yang ada di angkasa itu.”
menyambung pembicaraan) Aku mau coba untung di sana.”
Dia : (tertawa terkekeh-kekeh)

50) Perhatikan kutipan dialog dalam naskah drama berikut!
Yoga : Nisa, kamu masih ingat peristiwa kebakaran minggu lalu?
Nisa : Ya! Memang ada apa?
Yoga : Setelah kejadian itu, kamu jadi bahan pembicaraan warga kampung.
Nisa : Ah, bisa aja kamu!
Yoga : Sungguh, Nis. Aku kagum padamu.
Nisa : Kagum?
Yoga : Ya, pada saat itu, kau betul-betul jadi pahlawan. Tanpa kamu, kebakaran tersebut tentu akan
merusak bangunan yang ada.
Nisa : Ah, apa yang kulakukan ini belum ada apa-apanya bila dibandingkan dengan pengorbanan
orang lain.
Yoga : Ya, betul. Akan tetapi, aku sendiri rasanya takut pada saat kejadian terjadi.
Peristiwa nyata yang menjadi sumber cerita dalam drama di atas adalah...
A. Pertemuan Nisa dan Yoga dalam sebuah kebakaran.
B. Nisa memberi pertolongan kepada Yoga yang terjebak kebakaran.
C. Nisa dapat menyelamatkan diri dari kebakaran yang melalap rumahnya.
D. Cerita keberanian Nisa memberikan pertolongan dalam kebakaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar